-

Iklan

Jasa Websitewww.idwebdesain.comJasa Pembuatan Website Mudah Cepat dan Profesional.arrow
Agen Propertywww.yanaproperty.comCari Rumah, tanah, ruko dan Apartemen Klik Disini.arrow
Jasa tamanwww.jasatamanjakarta.comJasa Pembuatan Taman Jakarta .arrow
Pasang Iklan di Siniwww.weberita.comPasang iklan Anda di sini, hanya 35 ribu / bulan.arrow

Jejak kaki di bulan yang fenomenal sekaligus kontroversial

Dalam sejarah, manusia pertama yang berhasil diluncurkan ke angkasa adalah kosmonot dari Uni Soviet bernama Yuri Alekseyevich Gagarin atau yang dikenal dengan nama Yuri Gagarin. Namun, ketenaran Gagarin nampaknya masih kalah dengan ketenaran dua astronot Amerika Serikat atau satu jejak kaki manusia pertama di bulan yang berhasil diabadikan dengan menggunakan visor reflection.

Tanggal 20 Juli 2012 yang juga merupakan tanggal yang sama ketika manusia berhasil menginjakkan kakinya di bulan 43 tahun yang lalu. Tepatnya tangagal 20 Juli 1969, jam 10:56 malam (waktu Amerika Serikat), berjarak sekitar 240 ribu dari bumi, tiga orang astronot Amerika Serikat bernama Michael Collins, Neil Amstrong dan Buzz Aldrin mendaratkan pesawat luar angkasa yang mereka tumpangi di permukaan bulan.

Dengan mendaratnya pesawat luar angkasa NASA yang bernama Apollo 11 tersebut, sejarah mencatat bahwa Amstrong, Aldrin dan Collins adalah tiga manusia kedua yang pergi ke luar angkasa sekaligus manusia pertama yang berhasil tiba di bulan. Sejarah mencatat bahwa orang pertama yang menginjakkan kakinya di bulan adalah Amstrong, sedangkan Aldrin dan Collins masih harus berada di dalam pesawat luar angkasa untuk memantau semua sistem pendaratan dan sistem lainnya.

Setelah memastikan semua sistem terkendali, Aldrin mulai keluar dan turun dari pesawat. Aktifitas Amstrong dan Aldrin di permukaan bulan yang dinamakan dengan Sea of Transquility tersebut hanya berdurasi dua jam saja, kemudian mereka kembali ke dalam pesawat. Uniknya, seperti yang ditulis oleh BBC.co.uk, walaupun Amstrong yang keluar dan menjadi manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan, jejak kaki milik Aldrin-lah yang paling terkenal.

Dikarenakan Amstrong pada saat awal hanya terpaku dan kagum akan keindahan bumi dari jauh serta melakukan beberapa aktifitas lainnya, Aldrin bertugas untuk memotret aktifitas yang dilakukan Amstrong pada saat itu, termasuk mengabadikan jejak kakinya yang sekarang menjadi terkenal dan menjadi bukti jejak kaki pertama manusia di bulan yang berhasil diabadikan.

Namun, beberapa tahun setelah pendaratan di bulan tersebut, muncul isu-isu kontrovesial yang menyebutkan bahwa foto-foto yang diambil oleh Aldrin sampai dengan pendaratan Apollo 11 adalah berita bohong atau hoax. Munculnya berita tersebut otomatis membuat panas NASA dan berulang kali departemen luar angkasa Amerika Serikat ini mengeluarkan bukti dan penjelasan seputar Apollo 11 dan foto-foto aktifitas Amstrong di bulan termasuk foto jejak kaki Aldrin tersebut, bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa misi luar angkasa Apollo 11 tersebut adalah konspirasi Amerika Serikat agar tidak kalah dan malu dengan negara saingannya yaitu Uni Soviet.

Tidak hanya itu saja, terdapat sebuah penelitian yang mencoba menguak foto-foto pendaratan Apollo 11 di bulan dengan menganalisa pencahayaan yang terabadikan di foto jejak kaki Aldrin tersebut. Memang apabila diputar secara terbalik, cahaya dan bayangan yang terdapat di foto jejak kaki tersebut sangat aneh dan banyak orang mengatakan bahwa foto jejak kaki tersebut adalah ilusi optik.

Walaupun sampai sekarang perdebatan seputar pendaratan Apollo 11 di bulan tersebut, namun sejarah tetap tidak dapat dihapus dan akan terus tercatat bahwa Apollo 11, Neil Amstrong, Buzz Aldrin, Michael Collins serta foto jejak kaki fenomenal milik Aldrin tetap disebut sebagai bukti sejarah bahwa Amerika Serikat adalah negara pertama yang berhasil mengirim manusia ke bulan untuk pertama kali. Bagaimana menurut Anda?

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda

Blog ini DOFOLLOW Silahkan berkometar sesuai artikel yang nyepam langsung di banned