Berita Terbaru

Trend Minggu Ini

Advertisement

Iklan 300x250

Bahaya tersembunyi dari tinta tato

Bahaya tersembunyi dari tinta tato
Bagi Anda yang berniat merajah tubuh dengan tinta, sebaiknya Anda berpikir ulang tentang keinginan itu. Pasalnya banyak risiko yang mengancam kesehatan diri Anda. Bahkan di salon tato yang sangat bersih pun, tinta yang digunakan bisa saja terinfeksi oleh bakteri. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh para ahli melalui sebuah penelitian resmi.

Seperti yang dilansir dari Life's Little Mysteries (24/08), investigasi salon tato tepatnya dilakukan di Colorado, Washington, dan Iowa. Para ahli menemukan bakteri berbahaya di dalam tinta yang digunakan untuk tato. Mereka pun melaporkan hasil studinya dalam New England Journal of Medicine.

Bakteri yang dimaksud adalah Mycobacterium chelonae. Mycobacterium chelonae sendiri masih berhubungan dengan bakteri penyebab penyakit TBC yang biasa ditemukan di dalam air kran.

Meskipun Mycobacterium chelonae dikatakan tidak terlalu berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh normal, bakteri ini bisa menyebabkan ruam melalui jarum tato. Ruam tersebut bahkan bisa bertahan sampai berbulan-bulan dan bisa hilang dengan cara memberi antibiotik bersifat keras atau operasi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bakteri Mycobacterium chelonae diduga berasal dari air yang kurang bersih sebagai bahan tinta tato.

Untuk mencari tinta tato yang steril pun sebenarnya agak susah dilakukan. Sebab meskipun pihak Food and Drug Administration (FDA) sudah menyetujui pigmen yang digunakan dalam kosmetik, mereka tidak pernah menyarankan untuk menyuntikannya ke dalam kulit.

Jika Anda sudah terlanjur memiliki tato, sebaiknya Anda rajin menjaga kebersihan kulit dan sekitarnya. Sementara itu, apabila ada masalah kesehatan yang terjadi, segera konsultasikan dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda

Blog ini DOFOLLOW Silahkan berkometar sesuai artikel yang nyepam langsung di banned